Info
| -
Daftar | Masuk | Anggota

-

Cara Mengubah SATA Mode Menjadi AHCI Tanpa Terjadi Bluescreen

info game pc - info-gamepc
Cara mengubah SATA Mode Boot drive ke AHCI, mencegah Bluescreen 0x0000007B saat menggunakan Mode AHCI, meng-enable driver AHCI, memaksimalkan harddisk SSD, mengubah setting SATA Mode dari IDE/Legacy/Compatible menjadi AHCI, mengubah setting SATA Mode di dalam BIOS, bluescreen STOP ERROR 0x0000007B INACCESSABLE_BOOT_DEVICE.

SATA Mode - AHCI

Banyak user yang sudah menggunakan harddisk SSD, sayangnya harddisk SSD tsb. setting (BIOS) SATA Mode-nya masih di-konfigurasi sebagai IDE/Legacy/Compatible. Padahal jika SSD di-konfigurasi dalam mode AHCI (Advanced Host Controller Interface) akan didapat beberapa fitur yang berguna, seperti kemampuan hot plug, power management dsb.

Tetapi jika Windows sudah ter-install dengan mode IDE/Legacy/Compatible, dan kemudian ingin diubah (dari dalam BIOS) menjadi AHCI maka PC tidak akan bisa booting, dan akan muncul bluescreen STOP ERROR 0x0000007B INACCESSABLE_BOOT_DEVICE. Jika keinginan menggunakan AHCI sedemikian kuat, barangkali user akan (terpaksa) menempuh cara instal ulang Windows dengan mode AHCI. - sangat melelahkan tentunya !

Stop Error 0x0000007B INACCESSABLE_BOOT_DEVICE (bluescreen) tsb. disebabkan karena sistem berusaha menggunakan harddisk dengan konfigurasi baru - AHCI, tetapi driver AHCI-nya belum di-aktifkan (enable). Jadi, agar bisa 'main' dalam AHCI tanpa bluescreen, harus diupayakan meng-aktif kan (enable) driver AHCI terlebih dulu.

Cara Meng-aktifkan Driver AHCI Dari Registry Windows
Note :
>>> Kekeliruan dalam meng-edit registry Windows bisa berakibat fatal, jangan merubah sesuatu selain yang disebutkan di artikel ini.

Jika sebelumnya sudah terlanjur mengubah SATA Mode ke AHCI, dan ternyata PC mengalami bluescreen 0x0000007B; maka :

Restart PC, kemudian masuk ke BIOS dan ubah setting SATA_Mode kembali ke mode IDE/Legacy/Compatible. Gambar-1. Simpan setting-an dan keluar dari BIOS. Biarkan PC loading Windows seperti biasa sampai selesai.

Buka Registry Editor (regedit.exe).
Pada Registry Editor, navigasi ke subkey ini : HKEY_LOCAL_MACHINE\System\CurrentControlSet\Services\iaStorV. Gambar-2.
Klik 'folder' [ iaStorV ], pada panel-kanan klik-kanan entry [ Start ], pilih [ Modify ].
Pada Value-box ubah angka-nya menjadi 0 (nol), klik OK.

Selanjutnya Restart PC, masuk BIOS, dan sekarang ubah setting BIOS pada SATA_Mode menjadi AHCI, kemudian Save & Exit (F10) dari BIOS.
PC akan restart dan ketika Windows start, akan mendeteksi adanya perubahan konfigurasi (dari IDE ke AHCI), dilanjutkan me-load disk-driver yang baru (AHCI), dan (mungkin) akan me-restart sekali lagi, tunggu proses loading Windows sampai selesai.
Sekarang PC beroperasi pada konfigurasi AHCI tanpa muncul bluescreen dan tak perlu install-ulang Windows.

Ganti game lamamu dengan game-game terbaru, hanya di "Revolusi Gamer". Tersedia game-game murah dan berkualitas. Kunjungi info-gamepc.blogspot.com

(Safei/Gamer)


Didukung oleh

Foto Terkait:


Berikan Komentar

Berkomentarlah yang sopan dan jangan buang-buang waktu untuk melakukan spam. Terimakasih.



 
Blog punya © 2014 info-gamepc
Desain Modification by Ahmad Safei